TIPS MENGATASI MASALAH KARENA KARTU KREDIT Part. 1

Diposting oleh Unknown on Rabu, 25 Desember 2013



1. TIPS MENGATASI MASALAH KARENA KARTU KREDIT Part. 1

 2. Kartu Kredit (CC) sesungguhnya diciptakan sebagai alat pembayaran pengganti uang fisik. CC bisa dianggap sebagai uang elektronik

 3. Saat ini masyarakat begitu mudahnya memperoleh CC. Cukup dg fotokopi KTP dan nomor telepon rumah kita bisa memperolehnya

 4. Kondisi ini sebenarnya baik jika CC benar2 dijalankan sesuai dg tujuan awalnya, sebagai alat pengganti uang fisik

 5. Sesuai namanya, CC memberi kesempatan kepada pihak pengguna utk melakukan transaksi dg pola kredit

 6. Namun pd akhirnya, fitur kredit dari CC inilah yg byk menimbulkan masalah. Masalah bs ditimbulkan baik oleh pihak pengguna maupun bank

 7. Dr pihak pengguna, biasanya masalah terjadi krn penggunaan CC yg tdk terkontrol. Maklum, dg CC kita bisa begitu mudahnya membeli sesuatu

 8. Disamping itu, pengetahuan yg minim dr pihak konsumen mengenai cara menggunakan CC secara cerdas juga memegang peranan

 9. Dr pihak Bank penerbit CC, banyak sekali pelanggaran yg mereka lakukan untuk tujuan mengeruk untung yg sebesar2nya

 10. Dalam hal ini akan kami buka bagaimana kartu kredit sudah dijadikan “bisnis iblis” oleh pihak bank beserta oknum2nya

 11. Mengapa kami katakan demikian? Karena oleh pihak bank, CC sudah dijadikan alat utk mengeruk untung yg sebesar2nya

 12. Sebenarnya tdk ada masalah jika keuntungan bank itu tidak diperoleh dg cara menghancurkan hidup konsumennya

 13. Tulisan ini kami persembahkan kpd para pengguna Kartu Kredit, jadilah pihak yg “memanfaatkan” bukan “dimanfaatkan”

 14. Kami akan ajarkan bagaimana caranya kita “Mengalahkan” sistem, bukan “Dikalahkan” oleh sistem

 15. Berikut adalah beberapa tips yg bisa dilakukan oleh semua pengguna CC agar tidak menjadi korban CC:

 16. Bayarlah tagihan CC anda secara penuh! Cara paling bijak utk poin ini adlh dg tidak menggunakan CC kita melebihi kemampuan

 17. Pada prinsipnya pihak bank tidak akan mengenai bunga pada tagihan kita jika pembayaran dilakukan seblm jatuh tempo

 18. Masalah baru akan muncul manakala kita terlambat bayar atau memilih membayar dg pola cicilan

 19. Saat kita terlambat bayar maka tagihan kita akan terkena denda keterlambatan (late charge) dan bunga yg prosentase mencekik leher

 20. Bagaimana jika tagihan kita sudah terlanjur membengkak? Saran kami, tetap jangan pernah membayar dg cara mencicil

 21. Mengapa demikian? Bukankah pihak bank memberi fasilitas mencicil bulanan sebesar 10% dari total tagihan kita?

 22. Nah, disinilah poin-nya! Berurusan dg bank kita tdk boleh naif! Kita hrs ekstra kritis! Jgn pernah tergiur dg segala bujuk rayu bank!

 23. Persoalan finansial bukanlah persoalan sepele! Banyak orang yg hancur hidupnya karena tidak memiliki sikap kritis ini

 24. Saat kita memutuskan membayar cicilan minimum (10% dr total tagihan), maka sesungguhnya kita sudah menjadi korban sistem

 25. Perhitungannya begini: Jika hutang kita 20 jt maka tiap bulan kita harus membayar 2 jt + bunga anggap saja 1,5% (300 rb) = 2,3 jt

 26. Berhubung cicilan bersifat tetap maka setiap bulan kita wajib bayar 2,3jt selama 10 bulan. Kita DIKALAHKAN sistem!

 27. Artinya kita terkena bunga tetap atas pokok hutang sebesar 20jt. Tidak perduli meskipun pokok hutang kita sudah berkurang

 28. Adilkah itu? Bukankah bulan keenam hutang kitang tinggal 10 jt? Mengapa kita masih harus bayar bunga atas hutang sebesar 20jt?

 29. Lalu bagaimana cara mengalahkan sistem? Gampang, saat ini sudah banyak jasa Gestun (gesek tunai)

 30. Dengan jasa ini kt tinggal membayar seluruh tagihan lalu gesek CC kt di gestun. Kita akan terima uang sesuai nilai yg kt gesek

 31. Biasanya jasa gestun akan mengenai charge sebesar 2,5% dr nilai yg kita gesek. Lho kok bunganya lebih tinggi?

 32. Benar! Tapi dg metode ini kita dikenai bunga menurun. Kita akan dikenai bunga sebesar 2,5% dari “sisa” hutang pokok

 33. Meskipun terkena bunga lebih besar, tapi cara ini lebih fleksibel karena bisa disesuaikan dg kondisi keuangan kita

 34. Ilustrasinya begini: Setelah kt bayar 20jt tagihan kita, kita tinggal putuskan seberapa besar kita akan mengurangi hutang kita?

 35. Jk misalnya kita ingin mengurangi 10jt, kita tinggal gesek 10jt di gestun. Mk kita akan mendpt cash 10 jt dan hutang kt berkurang 10 jt

 36. Keuntungannya, bulan depan kita hanya akan membayar bunga atas pokok hutang sebesar 10jt saja

 37. Tp itu kan jk kita punya uang 20jt. Bagaimana jika kita hanya punya uang 10jt saja? Masih bisakah kita lakukan cara diatas?

 38. Bisa! Saat ini juga sudah banyak jasa “Pelunasan” yg dapat kita manfaatkan jasanya. Cara kerjanya hampir sama spt diatas

 39. Bedanya para penyedia jasa pelunasan ini sudah menyiapkan modal untuk melunasi tagihan kita dulu lalu digesek kembali

 40. Dg cara ini kita tinggal menyetor 10jt + biaya pelunasan ke penyedia jasa. Hutang kita sudah berkurang 10jt

 41. Sama seperti metode gestun, bulan berikutnya kita akan dikenai bunga atas sisa hutang kita saja

 42. Perlu diingat bahwa keuntungan terbesar bank dr CC adalah dr mereka yg membayar secara cicilan tetap pd pihak bank (bunga tetap)

 43. Serta dari keterlambatan pembayaran pihak konsumen (denda keterlambatan + bunga tinggi)

 44. Oleh karena itu pihak bank melakukan berbagai cara agar konsumen mau membayar secara cicilan atau terlambat membayar

 45. Cara yg paling umum dilakukan adalah dg menelpon langsung nasabah. Pihak marketing akan menebar bujuk rayu dg segala upaya

 46. Antara lain mereka akan menyampaikan pd kita bahwa kita “terpilih” sebagai nasabah khusus yg berhak menerima fasilitas cicilan

 47. Perhatikan “bahasa”nya yg memposisikan kita seolah2 sbg pihak yg spesial dan beruntung. Padahal itu jebakan belaka

 48. Saat kita mulai tersanjung dan termakan bujuk rayu mereka, maka saat itu pula penderitaan mulai menghampiri kita

 49. Penting diingat pula bahwa berurusan dg CC sifatnya sepihak. Saat ditelpon, komunikasi kita akan direkam

 50. Ada kemungkinan Kalimat kita akan diedit demi mengejar target. Oleh karenanya Jangan pernah mengeluarkan kata “Iya”

 51. Kata2 kita yang lain akan dihilangkan dari rekaman dan kata “Iya” kita dijadikan bukti persetujuan kita 

 52. Contoh, saat mereka menelpon kita: “Selamat siang, benar ini dg bapak Paijo?” Jawab saja: “Apa yg bisa saya bantu?”

 53. Jika mereka mengulangi pertanyaannya, ulangi pula jawaban anda sama spt diatas. Intinya jangan sekali2 keluar kata “Iya”

 54. Selanjutnya bagaimana trik bank agar kita terlambat bayar? Salah satunya adalah tanggal tagih dan jatuh tempo yg berubah-ubah

 55. Jangan sekali2 berpikir tanggal jatuh tempo anda akan tetap. Mereka sering memajukan atau memundurkannya secara sepihak

 56. Selain itu sering pula tanpa alasan jelas surat tagihan kita datang terlambat. Banyak yg menjadi korban karena trik ini

 57. Biasanya pihak bank tidak mau tahu bahwa kesalahan bukan di pihak konsumen. Bunga dan denda tetap harus kita tanggung

 58. Cara mengatasinya adalah dengan memiliki disiplin pribadi yg tinggi terhadap kewajiban2 kita sendiri

 59. Jauh sebelum tanggal jatuh tempo sebaiknya kita sudah mengurus/membayar tagihan2 CC kita

 60. Jangan sekali2 mempercayai itikad baik pihak bank. Dijamin anda pasti akan kecewa!

 61. Pada tulisan selanjutnya kita akan beri tips bagaimana mengatasi persoalan CC yg sudah terlanjur bermasalah

 62. Semoga …....................ini bermanfaat | BERSAMBUNG

grosir selimut anak murah , grosir selimut motif kartun , grosir sprei anak murah , grosir sprei motif kartun , grosir bedcover anak murah , grosir bedcover motif kartun , grosir balmut anak murah , grosir balmut motif kartun , grosir karpet anak murah , grosir karpet motif kartun , jual selimut anak murah , jual selimut motif kartun , jual sprei anak murah , jual sprei motif kartun , jual bedcover anak murah , jual bedcover motif kartun , jual balmut anak murah , jual balmut motif kartun , jual karpet anak murah , jual karpet motif kartun , tikar quilting murah , jual tikar quilting , grosir tikar quilting murah , handuk chalmer , jual handuk murah , jual balmut karakter , grosir balmut karakter murah , jual GKM , grosir gkm murah , sarung galon , sarung kulkas murah , sarung magicom



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar